Tuesday, August 11, 2009

Javanesse English

Setelah seminggu penuh gw dijejalin kerjaan, sampe gw capek banget, akhirnya gw balik lagi dari cuti nulis blog gw yang ga penting.

Seharian ini, hari gw cuma diisi sama presentasi kerjaan yang bener2 ngabisisin waktu dan tenaga gw, gimana enggak, gw mempresentasikan kerjaan gw ke 3 klien perusahaan gw berturut turut, tiga – tiganya dari luar negeri, gw tetep ga ngerti kenapa si bos menunjuk hidung gua untuk presentasi, karena bahasa Inggris gw sama sekali ga bisa dibilang bagus, apalagi kalo dibilang baik dan benar, gw cuma bisanya ngomong bahasa inggris yang rusuh – rusuh dan jorok – jorok.

Kalo pernah denger istilah Singlish ( Singaporean English; yang maksudnya berbicara bahasa inggris dengan logat melayu ) kalo gua penganut Jawlish ( Jawa English; gua ngomong bahasa inggris dengan logat jawa yang medok banget ), padahal gw sendiri bukan orang jawa, hehehe… tapi itulah resiko gw karena kelamaan tinggal di Jawa, Bahkan kalo gw balik kampung, gw sering diketawain sama temen gw karena logat gw yang dibilang aneh banget, tapi ya udah, mau gimana lagi…

Dulu gua kirain semua orang bule, atau orang eropa itu pasti bisa bahasa Inggris, ternyata gw salah banget, seengaknya itu terbukti dari kejadian hari ini.
Tepatnya waktu gw presentasi sama bule dari Perancis, emang sih sebenernya presentasi yang gua lakukan ga terlalu menuntut banyak bicara dalam bahasa Inggris, karena emang kerjaan gw banyak berhubungan dengan desain dan gambar, jadinya lebih banyak porsi nunjukin gambar ke mereka daripada ngomong.

Waktu gw diskusi sama tuh bule terus terang gw agak sedkit kesulitan, karena banyak kata2 dia untuk mendeskripsikan sesuatu susah gw mengerti, grammar, vocab, beuh…bener2 acak2an, bukannya gw ga ngerti sama sekali sih …Cuma gw harus bener2 memperhatikan, kata per kata, dan merenungkan dulu kata2nya dalam2, baru dah gw ngerti… intinya gw perlu waktu 1-3 detik berpikir untuk bisa memahami kata2 nya…. Sumpah ini presentasi gw yang paling rebek…

Selesai presentasi, gw akhirnya nanya sama bos gw, gw bilang : “sebenernya emang gw yang bego banget bahasa inggris, atau emang dia yang kecanggihan ngomong bahasa inggris-nya sampe gw sulit paham maunya dia?”, kalo kata bos gw sih, yah itu sih bukan sepenuhnya salah gw, kerena emank kebanyakan orang perancis payah berbahasa inggris, jadi maklum2 aja deh kalo bahasa Inggris mereka agak aneh…

Yah dari situ gw baru nyadar, ternyata ada juga orang bule yang bahasa Inggrisnya lebih dongok dari gw…hehehe
Tapi ngomong2 soal bahasa asing, gw punya beberapa temen orang asing yang kebetulan kuliah disini, mereka orangnya asik – asik dan punya sifat yang membumi, mereka ga pernah sungkan atau risih kalo gw ajak makan di warung nasi kucing atau warung hik ( warung makan yang ngejual nasinya di dalam bungkusan kecil, yang isi nasinya ga lebih dari segengam penuh tangan, biasanya didalamnya dikasi potongan ikan bandeng, sambel dan tempe, karena isinya yang sedikit itulah kenapa kemudian disebut warung nasi kucing, harga nya pun cuma seribuan ), tapi sempet juga sih mereka sempet memandang aneh gw , gara2 nya waktu gua makan kepala ayam yang dibuat crispy atau dibacem.

Temen gua, Jason, yang dari Australia ngomong : “what the ridicoulus thing that you eat man, that thing is for the animal food!!”
Kata Jason, kepala ayam, di negaranya, ga dimakan sama manusia tapi dilempar ke pabrik makanan hewan untuk diolah dan dijadikan makanan kaleng hewan peliharaan.

Trus gw bilang, kalo di Indonesia mah, jangan kan kepalanya, cekernya yang ngobok2 got sama pantatnya aja diembat, dan waktu Jason denger itu, dari ekspresinya, dia kayaknya mau muntah deh…


Trus dia nyeletuk lagi : “emangnya ga ada makanan lain yang enak yang bisa dimakan yak?”

Kata gue :”Jesiie…jessie…jessie… justru ini makanan enak banget, lu sih ga pernah nyobain, enak tau!!!, ni kepala ma ceker ayam, juga bukti kalo orang Indonesia tuh kreatip banget!

Jason : kok bisa kreatip? Kreatip apaan?

Gue : ya iyalah kreatip, coba lu bayangin, ceker sama kepala yang lu bilang aneh ini aja bisa dibuat orang Indonesia jadi makanan enak, nah kalo di negara elu, bisanya cuma dilempar ke pabrik, karena orang di negara elu putus asa , ga tau tu kepala ma ceker mau diapain, dibuang sayang, dibikin makanan ga tau caranya…. Mentok deh akhirnya dijadiin makanan kaleng hewan aja…yak an??

Jason : yeah right… @_@! , terserah elo deh fren…

Tapi lama-lama, karena mereka penasaran kali ya, tiap kali gua ajak ke warung hik selalu makan kepala ma ceker, akhirnya mereka mau nyobain juga, bahkan Jason sekarang ketagihan akut sama ceker crispy…. Dia bakal bete banget kalo kehabisan ceker di warung hik…. Hahaha akhirnya gua berhasil mempengaruhi tu bule2 lugu… percaya banget mereka kalo gua bilang ceker sama kepala itu makanan kreatif…bwahahahahaha….

Ada satu kejadian lucu lagi dari tuh bule-bule, karena mereka udah cukup lama tinggal di Indonesia, Jason terutama, pingin banget bisa ngomong Bahasa ( kebanyakan orang bule menyebut “Bahasa Indonesia” hanya dengan kata “Bahasa” ) dia sering banget nanya2 sama gw cara ngomong bahasa slank Indonesia, mungkin karena udah ngerasa jago, suatu hari dia maksa ngomong bahasa Indonesia, malah pake kata – kata “gue – elu” segala.

Waktu itu gua dateng ke kos – kosan nya dia naik motor, kebetulan emang lagi rame banget anak - anak bule ngumpul disitu, kayaknya mereka lagi ngerumpi deh ( ternyata ga cuma cewek Indonesia aja yang doyan ngerumpi ).
Trus Jason ngomong : Eh fren, lu mau kemana ?
Gue : engg.. gw mau nyari makan nih, laper banget.
Jason : ah sama, gue boleh ikutan bencong ga?
Gue : #@&%!
Anak – Anak, pada ngakak semua ga karuan, trus gw bilang,maksudnya bonceng kali… maksa sih lo…
Jason, mukanya merah kayak kepiting rebus....





Related Posts sesuai kategori



0 comments: